Senin, 03 Januari 2011

Mahasiswa itu Bernama...

Seorang Profesor dari sebuah universitas terkenal menantang mahasiswa-mahasiswa nya dengan pertanyaan; “Apakah Tuhan menciptakan segala yang ada?”.


Seorang mahasiswa dengan berani menjawab,


“Betul, Dia yang menciptakan semuanya”.

“Tuhan menciptakan semuanya?” Tanya professor sekali lagi.


“Ya, Pak, semuanya!” kata mahasiswa tersebut.

Profesor itu menjawab,


“Jika Tuhan menciptakan segalanya, berarti Tuhan menciptakan 'Kejahatan'. Karena 'Kejahatan' itu ada, dan menurut prinsip kita bahwa pekerjaan kita menjelaskan siapa kita sesungguhnya! Jadi kita bisa berasumsi bahwa Tuhan itu adalah 'Kejahatan'...!!!”.

Mahasiswa itu terdiam dan tidak bisa menjawab hipotesis professor tersebut. Profesor itu merasa menang dan menyombongkan diri bahwa sekali lagi dia telah membuktikan kalau Agama itu adalah sebuah Mitos.

Namun, tak lama berselang, ada seorang Mahasiswa lain mengangkat tangan dan berkata,


“Profesor, boleh saya bertanya sesuatu?”.

“Tentu saja!” jawab si Profesor,

Mahasiswa itu berdiri dan bertanya,


“Profesor, apakah 'Dingin' itu ada?”

“Pertanyaan macam apa itu? Tentu saja dingin itu ada! Kamu tidak pernah sakit flu?” Tanya si professor diiringi tawa mahasiswa lainnya.

Mahasiswa itu menjawab,

“Kenyataannya, Pak, 'Dingin' itu tidak ada!" kata Mahasiswa tersebut lantang,

"Menurut hukum fisika, keadaan yang kita anggap 'Dingin' itu adalah 'Ketiadaan Panas'. Suhu -460F adalah titik dimana ketiadaan panas itu terjadi! Semua partikel menjadi diam, serta tidak bisa bereaksi pada suhu tersebut! Dan Manusia menciptakan kata 'Dingin' untuk mendeskripsikan ketiadaan panas itu Pak!”

Mahasiswa itu melanjutkan,

“Profesor, apakah gelap itu ada?”

Profesor itu menjawab,

“Tentu saja itu ada!”

Mahasiswa itu menjawab,


“Sekali lagi anda salah, Pak!" kata Mahasiswa itu tegas, "Istilah 'Gelap' itu juga tidak ada! 'Gelap' adalah keadaan dimana 'Tidak Ada Cahaya'...!!!! Cahaya bisa kita pelajari, tapi 'Gelap' tidak bisa Pak! Kita bisa menggunakan prisma Newton untuk memecahkan cahaya menjadi beberapa warna dan mempelajari berbagai panjang gelombang setiap warna. Tapi Anda tidak bisa mengukur 'Gelap'. Seberapa 'Gelap' suatu ruangan diukur dengan berapa intensitas cahaya di ruangan tersebut. Kata 'Gelap' dipakai manusia untuk mendeskripsikan Ketiadaan-Cahaya!”

Akhirnya mahasiswa itu bertanya lagi untuk ketiga kalinya,


“Profesor, apakah kejahatan itu ada?”

Dengan bimbang professor itu menjawab,


“Tentu saja, seperti yang telah kukatakan sebelumnya! Kita melihat setiap hari di Koran dan TV. Banyak perkara kriminal dan kekerasan di antara manusia. Perkara-perkara tersebut adalah manifestasi dari 'Kejahatan'...!!!” kata professor tersebut berbicara dengan gigi agak gemeretak.

Terhadap pernyataan ini mahasiswa itu menjawab,



“Sekali lagi Anda salah, Pak! 'Kejahatan' itu tidak ada! 'Kejahatan' adalah 'Ketiadaan-Tuhan! Seperti 'Dingin' atau 'Gelap', 'Kejahatan' adalah kata yang dipakai manusia untuk mendeskripsikan Ketiadaan-Tuhan!"

Mahasiswa tersebut melanjutkan, "Tuhan tidak menciptakan Kejahatan! Kejahatan adalah hasil dari tidak adanya 'Kasih Tuhan' dihati manusia. Seperti 'Dingin' yang timbul dari ketiadaan panas dan 'Gelap' yang timbul dari ketiadaan cahaya!”



Profesor itu terdiam. Ia seakan tak memiliki tulang lagi untuk menopangnya berdiri, demi terperangah dengan semua jawaban dan argumen cerdas nan logis mahasiswa tersebut.

...dan mahasiswan itu Bernama; Albert Einstein!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar